Cipaganti Raup Dana IPO Rp 69 Miliar

Media Indonesia (10/07/2013), PT Cipaganti Citra Graha Tbk, resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) setelah melepas 10 persen saham ke publik melalui penawaran umum saham perdana (initial public offering/ IPO). Dengan harga Rp 150 perlembar saham, dana yang diraup mencapai Rp 69 miliar.

Menurut Direktur Utama Cipaganti Graha Andianto Setiabudi, awalnya target saham yang akan dilepas sebesar 40 persen. Kondisi pasar global yang kurang stabil mempengaruhi pergerakan saham domestik dan membuat Cipaganti mengurangi jumlah saham yang dilepas. "Akhirnya kami hanya melepas 10 persen saham," ujar Andianto.

Media Indonesia, 10/07
Rencana awal dari pelepasan 40 persen saham diperkirakan menghasilkan Rp 400 miliar untuk menambah 2000 armada baru untuk taksi, bus travel dan shuttle, rental mobil, bus besar serta peremajaan alat-alat berat.

Namun karena saham yang dilepas hanya 10 persen atau sekitar 361 juta lembar saham, perusahaan yang berpusat di Bandung tersebut hanya memfokuskan dana IPO untuk menambah bus travel, shuttle dan taksi. "Targetnya bus 300 unit dan taksi 350 unit," Andianto.

Selanjutnya, Cipaganti masih akan meneruskan upaya mencapai target pengembangan dan penambahan 2.000 armada baru dengan belanja modal tahun ini sebesar Rp 300 miliar - Rp 400 miliar.

Direktur Cipaganti Robertus Setiawan Leonardi mengatakan belanja modal itu akan dipernuhi dari aset dana IPO, dan pinjaman bank Rp 250 miliar.

Ditambahkan pula, Cipaganti masih akan melepas 30 persen saham sisa dari target 40 persen saham ketika kondisi bursa global sudah stabil.

Sekretaris Perusahaan I Cipaganti Toto Moeljono menerangkan penambahan armada bus travel, shuttle serta taksi diprioritaskan karena 70 persen pendapatan tahun lalu berasal dari segmen tersebut. Tahun ini Cipaganti menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen jika dibandingkan dengan pendapatan tahun lalu.

0 comments:

Post a Comment