Cipaganti Raih Kredit Rp 250 Miliar

Penyedia jasa transportasi darat PT Cipaganti Citra Graha TBK (CPGT) meraih pinjaman Rp 250 miliar dari PT Banak CIMB Tbk (BNGA) yang akan digunakan untuk membayar utang dan mendanai ekspansi perseroan.
Toto Moeljono, Sekretaris Perusahaan Cipaganti, mengatakan pinjaman tersebut akan digunakan untuk membayar utang perseroan Rp 80 miliar dan sisanya Rp 170 miliar dipakai untuk menambah armada baru.

"Kemaren waktu IPO (initial public officer) kami hanya melepas 10 persensaham senilai Rp 68 miliar. Jadi, dana ini akan digunakan untuk menutupi kekurangan dana yang dibutuhkan perseroan," ujarnya.

Seperti diketahui, pada mulanya Cipaganti menargetkan dapat meraup Rp 440 miliar dengan melepas sebanyak 40 persen saham ke publik. Namun, target tersebut tidak tercapai karena kondisi pasar yang kurang kondusif.
Dengan target dana Rp 440 miliar tersebut, perseroan berencana menambah armada baru sebanyak 2.000 unit. Namun, pada akhirnya dana yang diraih Rp 68 miliar itu ditambaj kas internal untuk menambah 600 unit armada baru.

"Kalau yang Rp 170 milier ini, kami belum bisa pastikan akan menambah berapa armada karena harus menghitung lagi". Pihaknya masih akan mencari beberapa pinjaman bank lainnya guna memenuhi belanja modal perseroan tahun ini yang mencapai Rp 300 miliar - Rp 400 miliar sehingga dapat mengejar target menambah 2.000 armada baru tersebut.

Toto menuturkan masih mengkaji untuk melakukan beberapa aksi korporasi lain seperti penerbitan obligasi atau penerbitan saham baru sambil terus memantau pergerakan pasar yang cenderung masih belum stabil ini.

"Bunga kredit yang diberikan 10,5 persen. Kami rasa itu sudah bagus untuk penerbitan obligasi atau rights isue mungkin, tetapi tidak dalam waktu dekat. Sumber Bisnis Indonesia, 26 Juli 2013.

0 comments:

Post a Comment