Jalur Pantura Siap Dilalui Pemudik

Pemudik diimbau berhati-hati karena masih ada badan jalan yang sudah dibeton, tetapi belum dilapisi aspal. UNTUK memperlan car masyarakat yang mudik Lebaran, pemerintah memastikan jalan di sepanjang pantai utara Jawa (pantura) sudah selesai diperbaiki dan siap dilalui.

“Kami sudah sampaikan kepada Presiden. Kami kerjakan sejak Januari dan tuntas jelang Lebaran. Di tempat rawan longsor dan banjir seperti di Lumajang, kami menyiapkan alat berat,“ kata Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, di Jakarta, kemarin.
Menurut Djoko, usia jalan sepanjang 1.300 km di pantura tidak seragam. Jalan yang sudah dibeton baru sekitar 300 km lebih atau 30% sehingga tahun depan tetap ada perbaikan berkala.

“Jalur pantura menjadi sorotan ketika ada perbaikan jalan karena V/C ratio-nya sangat tinggi. V/C (volumeto-capacity) ratio ialah ruas jalan berbanding volume kendaraan. V/C ratio maksimal itu 0,6, sedangkan di pantura sudah sekitar 0,7-0,8. Untuk memperbaiki V/C ratio pantura, pemerintah merancang pembangunan tol karena tidak mungkin melebarkan jalan.
Tol Cikampek-Palimanan sepanjang 119 km baru selesai 2015. Kalau itu jadi, meskipun ada perbaikan di Brebes, tidak macet,“ ujar Djoko.

Selain pantura, menurut data Kementerian PU, jalan lintas timur Sumatra sepanjang 2.741 km sudah bisa dilalui pemudik. Begitu pula lintas barat sepanjang 2.504 km dan lintas tengah sepanjang 2.473 km.

Di Jawa, selain pantura, ter dapat lintas tengah sepanjang 1.056 km dan lintas selatan 1.270 km yang siap dilewati. Adapun jalur mudik di Kalimantan, yakni Banjarmasin Martapura - Amuntai - Balikpapan - Samarinda, juga dapat dilalui pemudik. Di Pulau Bali, jalan lintas selatan sepanjang 162 km dan lintas utara 201 km dapat dilewati pemudik. Di Sulawesi, terdapat jalur Lebaran di Makassar-Tarumpakkae sepanjang 910 km yang juga siap dilewati pemudik.

Pasar tumpah Saat menanggapi pernyataan Menteri PU, Kapolres Subang AKB Chiko Ardwiatto mengakui jalur pantura Su bang sudah bisa dilalui pemudik.

Meski begitu, pengemudi diminta mewaspadai titik-titik kemacetan di sejumlah pasar tumpah di sepanjang pantura Indramayu (lihat grafik).

Menyangkut jalan yang diperbaiki di pantura Subang, lanjut Kapolres Chiko, pengemudi diimbau tetap berhati-hati karena masih ada badan jalan yang sudah dibeton cakar ayam, tetapi belum dilapisi aspal. Perbaikan jalan di jalur pantura Subang sudah hampir 100%, bahkan pemudik Lebaran sudah bisa melewati jalur pantura.

“Ada sisa pekerjaan beton cakar ayam yang belum dihotmix sehingga pengemudi harus ekstra hati-hati. Kondisi tersebut cukup berbahaya bagi pengendara sepeda motor,“ ungkap Chiko.

Kapolres mengharapkan janji kontraktor untuk menyelesaikan semua pekerjaan pada H-10 benar-benar direalisasikan.
Chiko memprediksikan pemudik dari arah Jakarta menuju pantura Jawa Barat, kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, NTB, dan Bali, mulai ramai melintasi jalur pantura Subang pada H-5 Lebaran. (RZ/X-3) - Media Indonesia, 18 Juli 2014, Halaman 2

0 comments:

Post a Comment