Tim Robot RI Sabet Emas di AS

DUA tim robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yakni tim Effi ro dan tim Eilero, menyabet dua emas pada kontes robot pemadam api internasional bertajuk Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2014 di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat (AS), 5-6 April lalu.

Dalam siaran persnya, kemarin, Mendikbud M Nuh menyebutkan tim Effi ro yang beranggotakan Mughni Syahid (D-3 elektro industri), Derry Pratama (D-4 teknik komputer), dan Saiful Fatoni (D-4 teknik mekatronika) dengan tiga robot mereka keluar sebagai juara satu, dua, dan tiga untuk ka tegori pemadam api divisi senior beroda. Ketiga robot itu diberi nama PENS, Senior Effi ro, dan ER2C.

Adapun robot tim Eilero yang diberi nama Walking Effiro merebut gelar juara pertama pada ka tegori pemadam api divisi senior berkaki. Tim Eilero beranggotakan Miftahul Arrijal Rifa’i (D-4 teknik elektronika), Dany Preistian (D-4 teknik kompu ter), Koris Pramita (D-4 teknik elektronika), Ervanudin (D-4 teknik mekatronika), Muchammad Chanif Qomaruddin (D-4 teknik elektronika), dan Akhmad Zackarya Rizqy S (D-4 teknik elektronika).

Sebenarnya, tim Eilero hanya menitipkan robot mereka kepada tim Effi ro untuk ikut bertanding, sebab yang berhak ikut kontes ialah mereka yang terpilih lewat seleksi di kontes robot Indonesia setahun sebelumnya.
“Kami bangga akhirnya bisa kembali menunjukkan kepada dunia mahasiswa dan perguruan tinggi kita bisa bersaing di internasional,” kata dia.

Yang lebih membanggakan lagi, ungkap Nuh, empat di antara para mahasiswa merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi, beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi mahasiswa miskin berprestasi.

“Sungguh ini satu lagi bukti nyata bahwa mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu pun bisa berprestasi jika diberi kesempatan. Tugas kita ialah memberikan kesempatan itu,” imbuhnya.
Direncanakan, para mahasiswa itu mendarat dari Amerika tadi malam di Bandara Juanda Surabaya. (Bay/H-3/MEDIA INDONESIA,10/04/2014, HAL : 14)

0 comments:

Post a Comment